General Discussions
Sharing: Penggunaan Botol Plastik

Sobat7, kalo menurut kamu kenapa sih mengurangi penggunaan botol plastik itu penting?

Tulis pendapatmu disini yuk! Sobat7 yang jawabannya menarik akan mendapat hadiah spesial dari TRANS7. Dipilih setiap minggunya!

5e4f9a02302ec

Sobat7, kalo menurut kamu kenapa sih mengurangi penggunaan botol plastik itu penting? Tulis pendapatmu disini yuk! Sobat7 yang jawabannya menarik akan mendapat hadiah spesial dari TRANS7. Dipilih setiap minggunya! ![5e4f9a02302ec](serve/attachment&path=5e4f9a02302ec)
edited 7 hours ago
3

Mengurangi penggunaan botol plastik itu penting, karena plastik butuh waktu sampai ratusan tahun untuk dapat diuraikan kembali sehingga dapat mencemari lingkungan karena jumlahnya semakin tinggi, seentara proses penguraiannya yang lama.

Mengurangi penggunaan botol plastik itu penting, karena plastik butuh waktu sampai ratusan tahun untuk dapat diuraikan kembali sehingga dapat mencemari lingkungan karena jumlahnya semakin tinggi, seentara proses penguraiannya yang lama.
0

Ya pasti penting banget dong mengurangi botol plastik! Plastik itu susah banget diuraikan, bahkan sampe ratusan tahun. Terus kalau dibakar bisa merusak lapisan ozon. Kasian kan bumi kalau dicemari terus? Makanya dari sekarang mulai menggunakan botol tumblr sebagai pengganti botol plastik dan gak perlu juga pakai sedotan, minum aja langsung dari gelas atau wadahnya.

Ya pasti penting banget dong mengurangi botol plastik! Plastik itu susah banget diuraikan, bahkan sampe ratusan tahun. Terus kalau dibakar bisa merusak lapisan ozon. Kasian kan bumi kalau dicemari terus? Makanya dari sekarang mulai menggunakan botol tumblr sebagai pengganti botol plastik dan gak perlu juga pakai sedotan, minum aja langsung dari gelas atau wadahnya.
0

Plastik merupakan salahsatu bahan yang memiliki daya guna bagi manusia. Berbagai macam benda yang berbahan baku plastik sudah banyak diproduksi untuk memenuhi kebutuhan manusia, salahsatu contohnya adalah penggunaan wadah botol plastik untuk konsumsi air dalam kehidupan sehari - hari.

Namun, dibalik nilai daya guna yang tinggi, ternyata plastik juga memiliki dampak yang tidak baik bagi lingkungan maupun bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Berbagai macam kandungan yang terdapat didalam bahan plastik dapat menyebabkan dampak negatif yang serius bila masuk kedalam tubuh, bahkan dampak terbesarnya dapat memicu kanker.

Sementara bagi lingkungan, "sampah" plastik yang tidak dapat ditangani dengan baik dapat mengakibatkan pencemaran bahkan dapat merusak ekosistem alam dan makhluk hidup. Apalagi, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menjalani proses penguraian oleh mikroorganisme. Bahkan para ahli memperkirakan setidaknya dibutuhkan waktu selama 500 hingga 1000 tahun lamanya.

Melihat dampak negatif yang ditimbulkan dari plastik sangat besar, maka bijaklah kita sebagai manusia dalam menggunakannya, baik saat sedang digunakan maupun setelah menjadi "sampah" yang sudah tidak dibutuhkan. Mengurangi penggunaan atau mendaur ulang sampah plastik dapat menolong bumi sekaligus diri kita sendiri dari dampak buruk plastik. Untuk itu, mengapa mengurangi penggunaan botol plastik itu penting? Karena tindakan tersebut merupakan salahsatu langkah awal dalam upaya mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari plastik, khususnya dari "sampah" plastik.

Mari selamatkan diri, selamatkan bumi. #Antiplastikplastikklub

Plastik merupakan salahsatu bahan yang memiliki daya guna bagi manusia. Berbagai macam benda yang berbahan baku plastik sudah banyak diproduksi untuk memenuhi kebutuhan manusia, salahsatu contohnya adalah penggunaan wadah botol plastik untuk konsumsi air dalam kehidupan sehari - hari. Namun, dibalik nilai daya guna yang tinggi, ternyata plastik juga memiliki dampak yang tidak baik bagi lingkungan maupun bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Berbagai macam kandungan yang terdapat didalam bahan plastik dapat menyebabkan dampak negatif yang serius bila masuk kedalam tubuh, bahkan dampak terbesarnya dapat memicu kanker. Sementara bagi lingkungan, "sampah" plastik yang tidak dapat ditangani dengan baik dapat mengakibatkan pencemaran bahkan dapat merusak ekosistem alam dan makhluk hidup. Apalagi, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menjalani proses penguraian oleh mikroorganisme. Bahkan para ahli memperkirakan setidaknya dibutuhkan waktu selama 500 hingga 1000 tahun lamanya. Melihat dampak negatif yang ditimbulkan dari plastik sangat besar, maka bijaklah kita sebagai manusia dalam menggunakannya, baik saat sedang digunakan maupun setelah menjadi "sampah" yang sudah tidak dibutuhkan. Mengurangi penggunaan atau mendaur ulang sampah plastik dapat menolong bumi sekaligus diri kita sendiri dari dampak buruk plastik. Untuk itu, mengapa mengurangi penggunaan botol plastik itu penting? Karena tindakan tersebut merupakan salahsatu langkah awal dalam upaya mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari plastik, khususnya dari "sampah" plastik. Mari selamatkan diri, selamatkan bumi. #Antiplastikplastikklub
0

Penting karena membantu membersihkan alam dari plastik, hal ini juga membantu manusia untuk lebih menikmati alam yang bersih tanpa sampah plastik

Penting karena membantu membersihkan alam dari plastik, hal ini juga membantu manusia untuk lebih menikmati alam yang bersih tanpa sampah plastik
0

Sejauh mata memandang kita bisa liat plastik dimanamana, bukan rahasia lagi juga plastik terurai ribuan tahun lamanya. Ga mau dong yaaa bumi kita selimutan plastik saking banyaknya. Tapi menurut saya pribadi kata mengurangi sebenarnya kurang tepat, melihat kebutuhan akan plastik meningkat tiap harinya. Bukan hal yg mudah dan instan juga mengubah pola pikir apalagi kebiasaan masyarakat. Mungkin akan lebih bijak untuk kita belajar mengelola penggunaannya, apalagi botol plastik itu gunanya banyak banget lhooo. Bisa di daur ulang jadi benda berguna bahkan bernilai jual. Coba deh sharing, barangkali bisa saling kasih ide atau bahkan kerjasama hehe yuk semangat jaga bumi kita!

Sejauh mata memandang kita bisa liat plastik dimanamana, bukan rahasia lagi juga plastik terurai ribuan tahun lamanya. Ga mau dong yaaa bumi kita selimutan plastik saking banyaknya. Tapi menurut saya pribadi kata mengurangi sebenarnya kurang tepat, melihat kebutuhan akan plastik meningkat tiap harinya. Bukan hal yg mudah dan instan juga mengubah pola pikir apalagi kebiasaan masyarakat. Mungkin akan lebih bijak untuk kita belajar mengelola penggunaannya, apalagi botol plastik itu gunanya banyak banget lhooo. Bisa di daur ulang jadi benda berguna bahkan bernilai jual. Coba deh sharing, barangkali bisa saling kasih ide atau bahkan kerjasama hehe yuk semangat jaga bumi kita!
0

plastik tidak dapat diurai sehingga merusak lingkungan

plastik tidak dapat diurai sehingga merusak lingkungan
0

Buat orang Indonesia penggunaan plastik mau gimana juga ga akan bisa dihindari, karena sepertinya sudah masuk merasuk sampe ke sel - sel kehidupan yang paling kecil. So, kalo menurut saya minimal kalo ngga bisa menghidari adalah mengurangi dan apabila terpaksa menggunakan, ya gunakanlah dengan bijak.

Sebelumnya kalo belanja ke supermarket, saya selalu menolak kalo ditanya kasir mau pakai plastik apa ngga, karena saya bawa kantong belanja saya sendiri. Tapi sekarang kalo ditawari, saya akan ambil kantong plastik itu. Dipakai atau tidak gimana nanti. Karena menurut saya, lebih baik saya ambil karena kalopun saya mempergunakan saya pasti akan lebih bijak dalam penggunaannya. Daripada plastik itu diambil orang lain yg belum teredukasi atau malah orang yang ga peduli sama sekali.

Buat orang Indonesia penggunaan plastik mau gimana juga ga akan bisa dihindari, karena sepertinya sudah masuk merasuk sampe ke sel - sel kehidupan yang paling kecil. So, kalo menurut saya minimal kalo ngga bisa menghidari adalah mengurangi dan apabila terpaksa menggunakan, ya gunakanlah dengan bijak. Sebelumnya kalo belanja ke supermarket, saya selalu menolak kalo ditanya kasir mau pakai plastik apa ngga, karena saya bawa kantong belanja saya sendiri. Tapi sekarang kalo ditawari, saya akan ambil kantong plastik itu. Dipakai atau tidak gimana nanti. Karena menurut saya, lebih baik saya ambil karena kalopun saya mempergunakan saya pasti akan lebih bijak dalam penggunaannya. Daripada plastik itu diambil orang lain yg belum teredukasi atau malah orang yang ga peduli sama sekali.
0

Karena sampah lama bgt terurainya, saya pernah liat tumpukan sampah di Bantar gebang dan itu bener2 menggunung, kalau kita gak ngurangin sampah plastik mau sebanyak apa dan seluas apa lagi lahan untuk sampah plastik yg lama terurainya belum lagi dampak bagi warga sekitar yg pasti lebih cepat terserang penyakit. Semoga kita semua sadar ya teman-teman dr hal yg kecil dulu aja dr diri kita sendiri untuk mengurangi sampah plastik.

Nama : Astri Ratnaningsih (@astri_queena)

Karena sampah lama bgt terurainya, saya pernah liat tumpukan sampah di Bantar gebang dan itu bener2 menggunung, kalau kita gak ngurangin sampah plastik mau sebanyak apa dan seluas apa lagi lahan untuk sampah plastik yg lama terurainya belum lagi dampak bagi warga sekitar yg pasti lebih cepat terserang penyakit. Semoga kita semua sadar ya teman-teman dr hal yg kecil dulu aja dr diri kita sendiri untuk mengurangi sampah plastik. Nama : Astri Ratnaningsih (@astri_queena)
edited Feb 9 at 12:18 pm
1

Mengurangi penggunaan botol plastik sama halnya kita menyayangi alam, keluarga serta anak cucu kita. Terurainya botol plastik itu lama lho, butuh sekitar 450 tahun baru bisa terurai. Nah, karena terurainya lama maka kita butuh kesadaran diri untuk menjaga lingkungan dari membuang sampah sembarangan, khususnya sampah botol plastik. Sehingga dengan berkurangnya sampah, khususnya botol plastik maka kehidupan alam ini akan menjadi seimbang dan manusia akan merasakan dampak baiknya.
Senang lihatnya jika manusia dan alam punya hubungan baik hehehe. #AntiPlastikPlastikKlub

Mengurangi penggunaan botol plastik sama halnya kita menyayangi alam, keluarga serta anak cucu kita. Terurainya botol plastik itu lama lho, butuh sekitar 450 tahun baru bisa terurai. Nah, karena terurainya lama maka kita butuh kesadaran diri untuk menjaga lingkungan dari membuang sampah sembarangan, khususnya sampah botol plastik. Sehingga dengan berkurangnya sampah, khususnya botol plastik maka kehidupan alam ini akan menjadi seimbang dan manusia akan merasakan dampak baiknya. Senang lihatnya jika manusia dan alam punya hubungan baik hehehe. #AntiPlastikPlastikKlub
0

Karena selain mencemari air dan tanah, botol plastik juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Kok bisa? Soalnya ada beberapa bahan kimia yang terdapat pada botol plastik yang dapat mengganggu fungsi normal dari hormon dalam tubuh manusia. Kebanyakan botol plastik memiliki polutan seperti PCB (Polycyclic Biphenyl) dan PAH (Polycyclic Hidrokarbon Aromatik) yang dapat mengacaukan hormon. Bahan berbahaya tersebut bisa sampai ke manusia karena manusia mengkonsumsi ikan-ikanan yang semasa hidupnya tercemar oleh limbah plastik. Akibatnya bahan tersebut menimbulkan penyakit kanker dan penyakit serius lainnya terhadap manusia.

Karena selain mencemari air dan tanah, botol plastik juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Kok bisa? Soalnya ada beberapa bahan kimia yang terdapat pada botol plastik yang dapat mengganggu fungsi normal dari hormon dalam tubuh manusia. Kebanyakan botol plastik memiliki polutan seperti PCB (Polycyclic Biphenyl) dan PAH (Polycyclic Hidrokarbon Aromatik) yang dapat mengacaukan hormon. Bahan berbahaya tersebut bisa sampai ke manusia karena manusia mengkonsumsi ikan-ikanan yang semasa hidupnya tercemar oleh limbah plastik. Akibatnya bahan tersebut menimbulkan penyakit kanker dan penyakit serius lainnya terhadap manusia.
edited Feb 16 at 6:56 am
0

Sebenarnya nggak wajib untuk dikurangi. karena pada dasarnya, pengguaan botol plastik dinilai memiliki berbahan yang awet.
jadi, cara menggunakanya yang harus dirubah. Jika menggunakan sekali pakai kemudian dibuang, jelas itu yang harus dikurangi.
Di sekitar kita sudah banyak botol plastik yang bisa dipakai untuk berkali-kali. sangat baik jika kita memakai botol plastik yang bisa dipakai berkali-kali karena dapat mengurangi limbah yang ada.
pengurangan botol plastik sebenarnya memanglah tidak wajib, karena yang harus dikurangi bahkan dihilangkan bukanlah botol plastiknya, tetapi kebiasaan menjadikan botol plastik sebagai limbah.
percuma saja jika botol plastik dikurangi tetapi budaya membuat limbah terus berjalan. Mau apapun pengganti botol plastik, tetap saja masalah limbah akan terus-terusan ada.

Sebenarnya nggak wajib untuk dikurangi. karena pada dasarnya, pengguaan botol plastik dinilai memiliki berbahan yang awet. jadi, cara menggunakanya yang harus dirubah. Jika menggunakan sekali pakai kemudian dibuang, jelas itu yang harus dikurangi. Di sekitar kita sudah banyak botol plastik yang bisa dipakai untuk berkali-kali. sangat baik jika kita memakai botol plastik yang bisa dipakai berkali-kali karena dapat mengurangi limbah yang ada. pengurangan botol plastik sebenarnya memanglah tidak wajib, karena yang harus dikurangi bahkan dihilangkan bukanlah botol plastiknya, tetapi kebiasaan menjadikan botol plastik sebagai limbah. percuma saja jika botol plastik dikurangi tetapi budaya membuat limbah terus berjalan. Mau apapun pengganti botol plastik, tetap saja masalah limbah akan terus-terusan ada.
2

Penggunaan botol plastik ini mempunyai dampak buruk bagi lingkungan. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, 70% sampah botol plastik tersebut bermuara ke laut. Coba kita banyangkan bagaimana yang akan terjadi apabila hal ini terus menerus dilakukan tanpa adanya perubahan. Tentu saja hal tersebut akan mencemari lingkungan dan membahayakan ekosistem lainnya.
Indonesia merupakan negara ke-4 pengguna botol plastik terbanyak di dunia. Padahal, sampah botol plastik sangat sulit diurai. Di tanah botol plastik dapat menghalangi peresapan air dan sinar matahari, sehingga mengurangi kesuburan tanah dan menyebabkan banjir.
Di lautan, sampah botol plastik terpapar sinar ultraviolet matahari, kemudian terjadilah fotodegradasi yang memecah plastik menjadi ukuran kecil-kecil (mikroplastik). Mikroplastik masuk dalam rantai makanan (ikan dan mahluk laut lain) hingga dikonsumsi manusia.

Penggunaan botol plastik ini mempunyai dampak buruk bagi lingkungan. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, 70% sampah botol plastik tersebut bermuara ke laut. Coba kita banyangkan bagaimana yang akan terjadi apabila hal ini terus menerus dilakukan tanpa adanya perubahan. Tentu saja hal tersebut akan mencemari lingkungan dan membahayakan ekosistem lainnya. Indonesia merupakan negara ke-4 pengguna botol plastik terbanyak di dunia. Padahal, sampah botol plastik sangat sulit diurai. Di tanah botol plastik dapat menghalangi peresapan air dan sinar matahari, sehingga mengurangi kesuburan tanah dan menyebabkan banjir. Di lautan, sampah botol plastik terpapar sinar ultraviolet matahari, kemudian terjadilah fotodegradasi yang memecah plastik menjadi ukuran kecil-kecil (mikroplastik). Mikroplastik masuk dalam rantai makanan (ikan dan mahluk laut lain) hingga dikonsumsi manusia.
1

Penting dong,kalo bukan kita yang peduli akan kesehatan alam siapa lagi?
Jangan cuma perasaan terhadap mantan doang yang dikurangi tapi penggunaan botol plastik juga mesti dikurangi...wihihihiiii

Penting dong,kalo bukan kita yang peduli akan kesehatan alam siapa lagi? Jangan cuma perasaan terhadap mantan doang yang dikurangi tapi penggunaan botol plastik juga mesti dikurangi...wihihihiiii
0
680
13
14
live preview
enter atleast 10 characters
WARNING: You mentioned %MENTIONS%, but they cannot see this message and will not be notified
Saving...
Saved
With selected deselect posts show selected posts
All posts under this topic will be deleted ?
Pending draft ... Click to resume editing
Discard draft