General Discussions
Orang Gendut Pasti Diabetes. Mitos atau Fakta?

Sebuah penelitian pada jurnal Diabetology & Metabolic Syndrome menunjukkan adanya kaitan positif antara kondisi berat badan seseorang dengan risiko diabetes. Lantas benarkah orang gemuk pasti diabetes? Mitos atau fakta?

Dikutip dari laman detik, penelitian tersebut menyebutkan jika memiliki berat badan di atas batas normal berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 50%. Semakin tinggi berat badan maka semakin tinggi juga risiko diabetes, bahkan dapat mencapai 5 kali lipat pada mereka yang mengalami obesitas.

Namun, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya. Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan risiko diabetes pada mereka yang kelebihan berat badan. Penelitian pada jurnal Diabetes Care menyebutkan untuk setiap penurunan 1 kilogram berat badan, risiko diabetes berkurang sebesar 16%.

Penelitian ini juga membuktikan rutin berolahraga dapat bermanfaat mengurangi risiko diabetes bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Sebagai informasi rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu juga berkaitan dengan penurunan risiko diabetes hingga 44%, meskipun hasil penurunan berat badan yang dialami tidak mencapai target.

Sebuah penelitian pada jurnal Diabetology & Metabolic Syndrome menunjukkan adanya kaitan positif antara kondisi berat badan seseorang dengan risiko diabetes. Lantas benarkah orang gemuk pasti diabetes? Mitos atau fakta? Dikutip dari laman detik, penelitian tersebut menyebutkan jika memiliki berat badan di atas batas normal berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 50%. Semakin tinggi berat badan maka semakin tinggi juga risiko diabetes, bahkan dapat mencapai 5 kali lipat pada mereka yang mengalami obesitas. Namun, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya. Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan risiko diabetes pada mereka yang kelebihan berat badan. Penelitian pada jurnal Diabetes Care menyebutkan untuk setiap penurunan 1 kilogram berat badan, risiko diabetes berkurang sebesar 16%. Penelitian ini juga membuktikan rutin berolahraga dapat bermanfaat mengurangi risiko diabetes bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Sebagai informasi rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu juga berkaitan dengan penurunan risiko diabetes hingga 44%, meskipun hasil penurunan berat badan yang dialami tidak mencapai target.
1
45
0
1
live preview
enter atleast 10 characters
WARNING: You mentioned %MENTIONS%, but they cannot see this message and will not be notified
Saving...
Saved
With selected deselect posts show selected posts
All posts under this topic will be deleted ?
Pending draft ... Click to resume editing
Discard draft